UNICEF Bersama PKBI NTB Adakan Lokakarya Peningkatan Layanan WASH yang Responsif GEDSI dan Berketahanan Iklim Pada Puskesmas di Provinsi NTB

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Mataram- “Peningkatan Layanan WASH yang responsif GEDSI dan berketahanan Iklim pada Puskesmas di Provinsi NTB” menjadi tema yang diusung pada Lokakarya tingkat Kabupaten/ Kota yang diselenggarakan selama 2 hari di 2 lokasi berbeda. Pada penyelenggaraan tanggal 23 Februari bertempat di Kasuari Meeting room Hotel Puri Indah Mataram dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari 7 Puskesmas di Kota Mataram dan 10 Puskesmas di Kabupaten Lombok Barat. Selain itu, hadir pula peserta dari Dinas Kesehatan dan Bappeda Provinsi serta kabupaten Kota. acara ini merupakan rangkaian kegiatan dari program kerjasama UNICEF dengan mitra PKBI daerah NTB dan Pemerintah Provinsi NTB serta Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Acara yang dihadiri langsung oleh WASH Spesialis UNICEF Indonesia, M. Zainal didampingi WASH Officer UNICEF NTT dan NTB ibu Rostia La ODe Pado dan WASH Officer PKBI Daerah NTB pada kesempatan pembukaan acara dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ibu Hj. Tuti Herawati, S. SIT, MPH. menyampaikan “WASH FIT ini merupakan suatu pedoman yang di pedomani oleh kesehatan lingkungan dan berangkat dari tools WHO UNICEF yang menjadi panduan Kementerian Kesehatan yang dimana berisi tentang beberapa aspek-aspek seperti air, sanitasi, pengolahan limbah, kebersihan, serta aspek manajemen tenaga kerja. Kemudian pada waktu yang lalu sudah dilakukan verifikasi untuk melihat bagaimana gambaran dari kondisi WASH FIT sebelum didampingi oleh UNICEF dan diharapkan hasil dari WASH FIT ini dapat mempertahankan layanan Fasyankes yang baik dan sesuai dengan standar. Dan program ini sangat penting agar PPI dapat terlaksana dengan baik, tidak terjadinya infeksi, dan tentunya dapat menjadi contoh bagi masyarakat bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat  yang berdampak pada kesehatan ibu, bayi, serta stunting, dan juga kesehatan lingkungan yang menjadi domain mendasar” tuturnya.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini juga menghadirkan narasumber antara lain: Ibu Sustia Rini (Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Kota Mataram) yang menyampaikan tema Aksesibilitas Disabilitas dalam layanan kesehatan, narasumber selanjutnya Muhamad Zainal (WASH Specialist UNICEF Indonesia) Hirwan (Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia) Rizal Smith, ST (Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan kerja, dan Kesehatan Olahraga, Dinas Kesehatan Provinsi NTB)  serta materi tekhnis yang disampikan oleh Contruction Engineer-PKBI daerah NTB, Dani dan Arin. HAdir sebagai Moderator pada sesi diskusi adalah, Ibu Hartati, S. SIT., M. Kes. sebagai Ketua Pokja PPAS Provinsi NTB.

Tidak kurang dari 58 orang yang hadir pada kegiatan tersebut dari total 62 orang yang terdapat dalam daftar undangan yang etrdiri dari perwakilan puskesmas, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota, Mediamassa/ Pers, pihak Swasta, NGO Mitra dan Pokja PPAS. Ke depan diharapkan perwakilan dari unsur Akademisi juga dapat hadir dalam kegiatan semacam ini serta dari unsur swasta juga dapat berperan dalam rangka menguatkan dukungan layanan kesehatan khususnya WASH ***(My_MEL)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
MEL-W

MEL-W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terbaru

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.